kinofanat.net

Wallace-Lebah-Raksasa-dari-Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya, baik itu dari hasil pertambangannya sampai dengan koleksi alamnya seperti flora dan faunanya. Indonesia juga dikenal sebagai “Mega Biodiversity” karena keaneka ragaman makhluk hidup yang tinggi.

Dikatakan bahwa negara ini menduduki perangkat ketiga setelah Brazil dan Republik Demokratik Kongo untuk urusan kekayaan makhluk hidupnya dan dikatakan bahwa negara dengan kehutanan terbesar kedua didunia dimana sebesar 62% hutan didunia berasal dari Indonesia. 10 persen tumbuhan, 12 persen mamalia, 16 persen reptil, 17 persen burung dan 25 persen ikan yang berhasil didata berasal dari negara tanah air kita.

Ini menandakan bahwa negara kita memang cukup kaya dan mampu bersaing dengan negara lainnya untuk urusan kekayaan alamnya, namun itu hanya sebagian besar dari yang berhasil didata saja, lalu bagaimana yang belum di data ? Beberapa peneliti dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk datang ke tanah air hanya tertarik untuk mendata tanah air kita.

Dan uniknya baru-baru ini penemuan terbaru berhasil mengungkap kembali bahwa memang Indonesia kaya akan dunia alamnya dimana salah satu ilmuan ahli lebah yakni Eli Wyaman berhasil menemukan spesies lebah raksasa Wallace (Megachile Pluto) yang sudah dikira punah sejak tahun 1981 kembali ditemukan di Indonesia tepatnya di Maluku.

Dikenal sebagai lebah raksasa Wallace karena memang serangga ini ditemukan oleh salah satu naturalis dan penjelajah Inggris yakni Alfred Russel Wallace yang mengungkapkan keberadaan dari lebah ini pada tahun 1858. Dibalik penemuannya ini terdapat sejumlah fakta menarik dari lebah ini yang menunjukan karakteristik unik dibanding dengan lebah lain pada umumnya.

Baca Juga : Cara Gampang Bedakan Ular Berbisa

Ukuran yang jauh lebih besar

Hal mengejutkan pertama dari lebah Wallace ini adalah ukurannya, dikatakan bahwa ukuran dari hewan ini jauh lebih besar dari lebah besar Jepang (Killer Bee). Menurut data lebah Wallace betina bisa mencapai panjang sampai empat sentimeter dan panjang lidah mencapai tiga sentimeter, dengan tubuh sebesar itu dikatakan bahwa bentagan dari sayapnya mampu mencapai 6 sentimeter.

Dengan ukuran sebesar itu tentunya 3 kali lebih besar dari lebah pada umumnya dan dikatakan bahwa ukuran betina lebih unggul dibanding lebah jantannya yang hanya berukuran kurang dari tiga sentimeter.

Tidak mati setelah menyengat

Bila biasanya lebah akan mati apabila sudah menyengat musuhnya, maka hal ini berlainan dengan lebah raksasa Wallace ini dimana mereka tidak akan langsung mati bila sudah menyengat musuhnya. Menurut Dr. Simon Robson dari Universitas Sdney dimana menjelaskan bahwa lebah tersebut bisa menyengat beberapa kali sampai mereka benar-benar merasa aman dan itupun tidak akan membuat lebah tersebut mati.

Perilaku unik saat membuat sarang

Peneliti lebah dari LIPI SIH Kahono menyebutkan bahwa Megachile Pluto atau lebah raksasa Wallace memiliki perilaku yang cukup unik, apalagi saat sedang membangun sarang dimana lebah betina akan menggunakan resin atau getah dari tanaman seperti contohnya Anisoptera thurifera untuk membuat sarang didalam sarang rayap Microcerotermes Amboinenses.

lebah betina yang memiliki ukuran jauh lebih besar akan keluar masuk sarang rayap dalam mencari resin dan membawanya kedalam sarang untuk dibangun. Hal ini pula yang dijumpai oleh sejumlah peneliti Internasional di hutan hujan tropis Maluku dimana gundukan dari sarang rayap terdapat di sebuah pohon.

Memiliki nilai ekonomi tinggi

Kepala dari bidan Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cahyo Rahmadi mengatakan bahwa lebah raksasa Wallace memiliki harga ekomoni / jual beli yang cukup tinggi dimana dikatakan bahwa 1 dari lebah ini mampu terjual seharga 546 juta rupiah. Dengan harga tersebut tentunya memecahkan rekor dalam sejarah Guiness Book of Record.

Inilah sejumlah fakta menarik dari lebah raksasa Maluku ini. Sebenarnya Indonesia masih menyimpan sejuta rahasia yang masih belum diketahui dunia. Kita sebagai penghuninya patut menjaga dan melestarikan alam tersebut dan jangan sampai merusaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *