kinofanat.net

Eksperimen-Hewan-Serangga-Paling-Gila

Tahu dengan hewan yang mengambil kategori serangga ? Serangga bukan menjadi satu hal yang asing lagi untuk kita, keberadaan dari hewan ini sendiri ada disekitar kita dan bisa kita temukan dengan mudah.

Dengan ukurannya yang tergolong kecil, mungkin bagi sebagian orang akan menganggap kalau serangga adalah hewan yang tidak berguna. Namun ternyata tidak seperti itu, serangga adalah hewan yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kehidupan sehari – hari kita, contohnya saja lebah yang menghasilkan madu, cacing yang menyuburkan tanaman, kupu – kupu yang menyebarkan sari bunga dan lain sebagainya.

Namun tidak hanya itu saja, ternyata serangga juga digunakan untuk berbagai macam eksperimen oleh sejumlah ilmuan, ekperimen ini bisa dikatakan sangat nyeleneh dan tidak masuk untuk diakal, lalu seperti apa saja eksperimen tersebut ?.

Eksperimen Paling Gila yang Melibatkan Serangga

1. Mengajari lalat menghitung

Mungkin kalian tidak menyangka kalau serangga kotor ini akan mampu menghitung, namun penelitian yang satu ini memecahkan ketidak sangkaan kalian, bagaimana tidak ? Salah satu spesies lalat yakni lalat buah kerap dijumpai dalam laboratorium sering dijadikan sebagai objek penelitian, mulai dari ditembak menggunakan sinar X, infeksi bakteri hingga penelitian tentang gimana cara membuat lalat menghitung.

Baca Juga : Game Judi Slot Poker Online Serta Tata Mainnya

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wilfird Laurier dan Universitas California mengungkapkan kalau mereka sedang melakukan sebuah penelitian yang melibatkan objek lalat. Lalat ini dimasukkan kedalam sebuah kotak yang sudah disorotkan lampu berkedip.

Jika ada 3 kedipan maka kotak tersebut tidak akan diapa – apakan, namun jika ada kedipan antara 2 dan 4 kali maka kotak akan diguncang.

2. Mengetahui daya ingat kupu – kupu

Serangga cantik yang satu ini pastinya semua sudah kenal bukan ? Tidak hanya berguna untuk memanfaatkan penyebaran serbuk sari bunga saja, nyatanya kupu – kupu juga kerap dijadikan sebagai objek penelitian dimana salah satunya adalah penelitian tentang daya ingatnya.

Kupu – kupu adalah sebuah serangga methamorfosis dimana mulai dari ulat hingga menjadi seekor serangga cantik. Dengan siklus hidupnya tersebut banyak menimbulkan sejumlah pertanyaan tentang apakah hewan ini mampu mengingat semua yang terjadi sewaktu menjadi ulat ?.

Hal ini langsung dipecahkan oleh ilmuwan asal Universitas Georgetown yakni Martha Weiss dan Doug Blackiston dimana mereka melakukan sejumlah penelitian dan berani mengungkapkan bahwa hewan ini memiliki ingatan kuat bahkan saat menjadi ulat.

3. Mengetes ketahanan laba – laba dengan senyawa kimia

Laba – laba sebenarnya tidak masuk kedalam kategori hewan serangga, namun hal ini tetap menjadi sebuah bahan perbincangan dan bahan objek penelitian dari sejumlah ilmuwan didunia dimana pada tahun 1948 Witt yang merupakan seorang ilmuwan penasaran apakah laba – laba memiliki ketahanan dengan senyawa kimia ?.

Penelitian tersebut melibatkan seekor laba – laba yang diberikan lalat yang telah diinfeksi oleh sejumlah senyawa kimia dan setelah itu penelitian tersebut membuahkan hasil dimana laba – laba ternyata hewan yang kuat dimana dapat menahan efek dari senyawa kimia.

Dan inilah beberapa penelitian paling menyeleneh yang melibatkan serangga paling menarik dan unik. Semoga menjadi bacaan yang bermanfaat terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *